Penyebab Amandel

Penyebab amandel yang paling utama adalah infeksi bakteri atau virus yang terjadi pada bagian amandel (tonsil). Selain bakteri dan virus, ada juga berbagai penyebab lain yang berisiko menimbulkan radang amandel pada anak dan dewasa. Semua penyebab amandel tersebut akan kita pelajari dalam artikel ini guna membantu anda agar lebih berhati-hati dan agar bisa terhindar dari bahaya penyakit amandel.

Penyebab Amandel

Penyebab Amandel

Amandel merupakan penyakit yang DAPAT MENULAR dari satu penderita kepada orang sehat, penularan bakteri / virus amandel dapat terjadi melalui dua hal berikut :

  1. Kontak Langsung, Contoh anda tidak sengaja menghirup percikan air liur akibat bersin dari orang yang menderita radang amandel, atau batuk yang menyebar melalui udara dari penderita amandel.
  2. Kontak Tidak Langsung, Contoh anda memegang suatu benda yang telah terkontaminasi virus dan bakteri, kmeudian menyentuh mulut atau hidung. Atau bisa juga karena memakan makanan yang sudah terkontaminasi oleh virus dan bakteri.

Bakteri yang menyebabkan tonsilitis merupakan kelompok bakteri ‘streptococcus’, adapun virus yang menjadi penyebab amandel / tonsilitis diantaranya adalah sebagai berikut :

Parainfluenza

Virus ini merupakan salah satu jenis virus yang menyebabkan gangguan pernafasan pada anak, menimbulkan radang kotak suara (faringitis) dan berisiko menginfeksi pada bagian amandel sehingga meningkatkan risiko penyakit radang amandel.

Influenza

Adalah virus penyebab flu, merupaka virus yang dapat menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familiaOrthomyxoviridae (virus influenza) yang berasal dari unggas atau mamalia. Jika virus ini menyerang manusia, maka dapat menyebabkan nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk dan memicu radang pada tonsil / amandel.

Rhinovirus

Rhinovirus merupakan salah satu virus penyebab pilek, atau disebut nasofaringitis, rinofaringitis, salesma atau koriza akut. Virus ini dapat menular melalui dara, bisa menyerang semua saluran pernafasan seperti hidung, sinus. Juga berisiko menyerang tenggorokan dan menjadi penyebab amandel pada anak dan orang dewasa.

Rubeola

Rubela adalah virus penyebab campak, jenis virus ini juga dapat menyebabkan gangguan pada saluran hidung, menyebabkan radang tenggorokan dan berisiko menimbulkan radang amandel. Anak-anak lebih berisiko menderita penyakit ini dibanding orang dewasa.

Adeovirus

Adenoviridae merupakan virus yang menyebabkan diare, jika berlama-lama hinggap dalam tubuh maka virus ini dapat menimbulkan sejumlah radang pada amandel dan tenggorokan. Anda baiknya berhati-hati dan menjaga lingkungan tetap sehat untuk menghindari ancaman virus ini.

Enterovirus

Merupakan salah satu virus yang dapat menyerang melalui usus, virus ini dapat menyebabkan penyakit kaki, tangan dan mulut. Yang mana salah satunya menyebabkan peradangan atau inflamasi pada bagian tonsil.

Epstein-Barr

Merupakan jenis virus yang dapat menyebabkan demam kelenjar, virus ini dapat menyerang semua orang baik anak kecil maupun orang dewasa. Anak-anak berusia prasekolah lebih mudah terjangkit virus ini.

Baca Tentang : Cara Menyembuhkan Amandel Dengan Buah-Buahan

Berbagai virus dan bakteri penyebab amandel yang telah disebutkan diatas, dapat dihindari dengan cara menjaga lingkungan tetap sehat. Penyakit amandel biasanya lebih mudah terjadi pada kaula muda berusia 5 – 15 tahun jika amandel tersebut disebabkan oleh bakteri. Sedangkan amandel yang disebabkan oleh virus lebih sering terjadi pada orang dewasa dan jarang dialami oleh usia muda. Akan tetapi baik orang dewasa maupun anak muda harus tetap berhati-hati agar tidak terkena penyakit amandel ini.

Itulah berbagai penyebab amandel pada orang dewasa dan anak-anak, jangan biarkan bayi, anak balita, ibu hamil & menyusui yang ada di sekitar anda lengah dalam mencegah terjadinya radang amandel. Segera jaga lingkungan sehat anda mulai hari ini juga !

Posted by Solusi Amandel

Chat Via WhatsApp