Komplikasi Amandel

Komplikasi amandel merupakan kondisi timbulnya penyakit lain yang terjadi akibat radang amandel kronis /akut yang terlambat diobati. Sebenarnya tonsilitis / radang amandel jarang menimbulkan komplikasi. Namun untuk mencegah berbagai bahaya amandel sebaiknya anda mengetahui berbagai kondisi penyakit yang berisiko terjadi akibat amandel, diantaranya akan kita bahas dalam artikel ini.

Komplikasi Amandel

Komplikasi Amandel

Jika didalami, banyak ahli kesehatan menemukan berbagai bahaya dan komplikasi penyakit amandel diantaranya adalah :

Infeksi Telinga

Bakteri yang menjadi penyebab amandel dapat menyebar pada bagian tubuh lain di sekitar kepala, salah satunya adalah telinga bagian bawah. Infeksi telinga bagian bawah lebih berisiko terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa.

Apnea Tidur

Pernahkah anda merasakan sesak nafas ketika tidur ? – Kondisi tersebut merupakan sebagian kecil dari tanda-tanda apnea tidur. Orang yang menderita radang amandel berisiko tinggi mengalami penyakit ini ketika dinding tenggorokan menjadi relaks di saat tidur, sehingga membuatnya sulit bernafas dan menyebabkan kualitas tidur yang buruk pada penderita radang amandel.

Quinsy

Gumpalan nanah pada amandel dan tenggorokan atau lebih dikenal sebagai Abses Peritonsil (Quinsy) adalah komplikasi amandel yang paling umum terjadi. Anak-anak atau orang dewasa yang menderita abses amandel ini biasanya memiliki gejala seperti nyeri telinga dan kepala, susah bicara, suhu tubuh tinggi, mulut membengkak, dan tenggorokan meradang / membesar.

Glomerulonephritis

Nafsu makan orang yang menderita radang amandel dipastikan menurun karena salah satu gejala amandel adalah susah menelan makanan, Kondisi ini dapat menyebabkan glomeruloneprhitis atau pembengkakan pada saringan ginjal, penderita amandel bisa muntah-muntah jika mengalami komplikasi ini.

Demam Rematik

Komplikasi amandel selanjutnya adalah demam rematik, sekujur tubuh bisa mengalami ruam kulit dan nyeri sendi akibat demam ini. Umumnya orang dewasa lebih berisiko menderita demam rematik dibanding kaula muda, bagi orang tua yang menderita amandel sebaiknya lebih berhati-hati dan segera melakukan pengobatan.

Skarlatina

Demam scarlet (skarlatina) berisiko terjadi pada anak balita yang menderita amandel, meski kebanyakan terjadi pada anak balita dan bayi, skarlatina juga bisa menyerang orang dewasa. Tanda demam ini adalah ruam dan bercak kemerahan pada seluruh bagian permukaan kulit.

Itulah berbagai bahaya dan komplikasi amandel, sejatinya suatu penyakit dapat disembuhkan dengan cara khusus agar tidak terjadi komplikasi. Disini kami menyediakan terapi pengobatan radang amandel, sangat disarankan bagi anda yang ingin menjalani pengobatan.

Posted By Solusi Amandel