Gejala Amandel

Gejala amandel pada anak dan orang dewasa relatif sama, banyak orang kurang memahami gejala atau tanda-tanda penyakit amandel, padahal ciri ciri amandel sangat banyak dan perlu di waspadai jika terjadi. Dengan mengetahui berbagai gejala amandel yang terjadi, mungkin anda bisa melakukan proses penyembuhan dengan lebih cepat.

Gejala Amandel

Maka dalam artikel ini secara khusus kami ingin membahas tentang gejala amandel pada orang dewasa, ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak serta bayi atau balita. Mari simak selengkapnya berikut ini.

Gejala Amandel

Gejala atau ciri ciri amandel pada anak balita dan bayi adalah rewel, menolak makan dan terus mengeluarkan air luar dari mulutnya, serta susah menelan makanan. Sedangkan gejala radang amandel pada orang dewasa ditandai dengan berbagai kondisi berikut.

Sakit Tenggorokan

Ada dua hal yang menyebabkan tenggorokan sakit dan kering, yang pertama adalah radang tenggorokan dan yang kedua adalah radang amandel (tonsilitis), sakit tenggorokan yang disebabkan amandel biasanya disertai dengan seperti perasaan seperti ada benjolan pada tenggorokan.

Warna Kemerahan Pada Tonsil

Untuk mengetahuinya bisa anda lihat pada cermin, biasanya dengan membuka mulut lebar-lebar maka anda bisa melihat tonsil atau kelenjar amandel. Coba tengok dan fahami biasanya jika terkena radang amandel, maka tonsil akan memerah dan membengkak.

Nyeri Telinga

Orang yang terkena penyakit amandel biasanya juga menderita sakit telinga, jika anda mengalami sakit tenggorokan dan disertai sakit telinga, pahamilah bahwa gejala tersebut merupakan ciri ciri radang amandel bukan radang tenggorokan.

Mual

Penderita amandel yang sedang hamil mungkin mengira bahwa mual adalah satu tanda dari kehamilan. Padahal amandel juga bisa menyebabkan rasa mual pada ibu hamil dan ibu menyusui.

Sakit Kepala

Ciri ciri amandel selanjutnya adalah sakit kepala yang mencengkram, biasanya sakit kepala ini akan berlangsung selama tiga atau empat hari. Untuk meredakan sakit kepala saat amandel cobalah istirahat dengan cukup.

Batuk & Kelelahan

Batuk merupakan kondisi yang akan terjadi guna mengeluarkan benda asing dalam tenggorokan, seperti lendir salah satunya. Orang yang menderita amandel biasanya akan batuk terus menerus dan bisa mengalami kelelahan.

Sakit Perut

Nyeri pada bagian perut juga merupakan salah satu gejala amandel, kondisi ini lebih banyak terjadi pada anak kecil dibanding dengan orang dewasa. Jika anak anda terkena diare dan susah makan baiknya anda berhati-hati.

Demam

Setiap penyakit berisiko menyebabkan demam pada penderitanya, termasuk juga radang amandel. Demam adalah kondisi naiknya suhu tubuh yang dapat memicu tremor, kejang dan step jika terjadi pada anak kecil.

Suara Berubah

Gejala amandel selanjutnya adalah perubahan pada suara, biasanya penderita amandel memiliki suara yang serak. atau bahkan kehilangan suaranya sama sekali.

Benjolan Leher

Pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher merupakan salah satu tanda gejala amandel pada orang dewasa. Segera periksakan diri anda kepada dokter ahli jika mengalami radang amandel dengan gejala ini.

Amandel Bernanah

Bercak putih pada bagian amandel dapat dilihat dengan cara bercermin. Gejala amandel ini rentan terjadi pada anak kecil dan bayi.

Bau Nafas

Amandel dapat menimbulkan nafas menjadi tidak sedap, anda di sarankan menggosok gigi secara teratur untuk mengurangi bau nafas akibat amandel.

Itulah berbagai gejala amandel, sebagian besar penyebab amandel adalah virus dan bakteri yang menginfeksi pada bagian tonsil. Bakteri yang paling sering menginfeksi adalah bakteri streptococcal (penyebab tonsilitis) pada anak dan orang dewasa.

Posted by Solusi Amandel